• Home
  • Rohul
  • Jumlah ODP di Rohul Menurun, 1.764 Warga Sudah Selesai Pemantauan

Jumlah ODP di Rohul Menurun, 1.764 Warga Sudah Selesai Pemantauan

Senin, 13 April 2020 | 10:40
dsk
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Sebanyak 1.764 warga dari 2.663 yang sebelumnya masuk dalam Orang Dalam Pemantauan di Kabupaten Rokan Hulu telah selesai dilakukan pemantauan tim kesehatan.

Sedangkan 899 warga lainnya saat ini masih dilakukan pemantauan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang telah melakukan pemantauan sejak 16 Maret 2020 lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Rohul, Yusmar mengatakan bahwa jumlah ODP Covid-19 di Rohul jauh menurun jika dibandingkan ketika di awal pendataan dilakukan.

Dibandingkan Sabtu kemarin, hanya ada penambahan 22 warga yang masuk ODP karena baru kembali dari daerah terjangkit.

Meski jumlah ODP menurun, Yusmar meminta kepada seluruh warga Rohul tetap disiplin dalam melaksanakan anjuran dari pemerintah terutama tetap berada di rumah, physical distance, pakai masker saat keluar rumah, cuci tangan pakai sabun dan tingkatkan imunitas tubuh dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Selain itu, hal yang lebih menggembirakan adalah semakin banyaknya Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang dinyatakan telah selesai pemantauan dan dinyatakan tidak ditemukan gejala klinis Covid-19.

"Untuk ODP yang dipantau, jika kemarin sebanyak 1.236, maka hari ini yang dipantau hanya tinggal 899 atau berkurang 377 orang. Sementara ODP telah selesai dipantau atau sudah sehat meningkat 359 orang menjadi 1.764 dibandingkan Sabtu kemarin sebanyak 1.405 orang," jelas Yusmar, Minggu (12/4/2020).

Sementara Untuk warga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Rohul terjadi penambahan 1 orang PDP dengan inisial JG, umur 56 tahun, dari Kecamatan Kunto Darussalam.

"JG tidak memiliki riwayat perjalanan, dan menyangkal pernah kontak dengan PDP lain," terang Yusmar.

Dengan adanya tambahan 1 Orang PDP ini maka secara komulatif, jumlah PDP di Rohul sebanyak 8 orang. Dari 8 PDP yang ada 4 orang diantaranya negatif dan sudah dipulangkan ke keluarganya masing-masing.

Sementara untuk 4 orang PDP lainnya, 1 orang masih dirawat di ruang isolasi RSUD Rokan Hulu, 1 orang dirawat di RS Awal Bros Ujung Batu, dan 2 orang isolasi mandiri di rumah.

"3 orang dari diantara PDP, semua hasil rapid testnya negatif, namun untuk memastikan tinggal menunggu hasil swab dari Litbangkes Jakarta," terang Yusmar.

Sementara untuk kondisi 1 PDP inisial AS (56) warga Kecamatan Rambah. Berdasarkan keterangan Tim Medis, pasien Covid-19 positif, secara klinis telah menunjukkan perbaikan yang signifikan.

"Insya Allah pada hari Rabu atau hari ke-14 akan dilakukan swab ulang terhadap AS untuk memastikan apakah sudah terbebas dari Covid-19," pungkas Yusmar. (MCR)

BERITA LAINNYA
Bupati Sukiman Rakornas Bersama Lintas Kementerian
Selasa, 06 September 2022 | 09:30
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top