• Home
  • Pekanbaru
  • Polda Riau Bagikan Strategi Cegah Terjadi Penjambretan

Polda Riau Bagikan Strategi Cegah Terjadi Penjambretan

Selasa, 27 November 2018 | 13:46
Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto,
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Menjadi korban kriminal di jalan raya saat tengah berkendara motor bisa terjadi kepada siapa saja. Kasus terakhir, peristiwa penjambretan yang dialami seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Dewi Arini Tanjung yang terjadi di Jalan Nangka Ujung Pekanbaru, Rabu (21/11/2018) sekitar pukul 19.30 WIB.

Kabid Humas Polda Riau mengungkapkan pengendara dan penumpang motor harus menyadari kemungkinan bahaya menggunakan motor dapat terjadi kapan dan di mana saja.

Khusus untuk tindak kriminal, ada yang dapat dilakukan untuk menghindari menjadi korban.

"Pengendara dan penumpang motor harus siapkan strategi untuk tidak menjadi korban kriminal. Misalnya dengan tidak memberikan kesempatan untuk tindak kriminal tersebut terjadi," ucap Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, Selasa (27/11/2018).

Tidak memberikan kesempatan kejahatan terjadi bisa dilakukan dengan tidak menaruh telepon genggam sembarangan seperti di kompartemen motor atau digenggam.

Jangan mengoperasikan telepon genggam saat di jalan karena dapat dengan mudah menjadi incaran pelaku.

Untuk penumpang wanita, biasakan tidak meletakkan tas di samping atau ditenteng. Letakkan tas di tengah antara pengendara dan penumpang untuk mempersulit kesempatan pelaku.

"Lebih baik masukkan ke dalam jaket atau lebih baik lagi masukkan ke dalam boks atau bagasi jika memungkinkan. Intinya jangan sampai menarik perhatian pelaku kejahatan," ucap Sunarto.

"Apabila ada yang mencurigakan dan merasa dibuntuti dari belakang, penggendara dapat melewati jalan yang lebih banyak dilalui pengendara lainnya, bila tidak memungkinkan dapat berhenti terlebih dahulu di pos polisi terdekat, upayakan agar tidak berkendara sendirian pada malam hari khususnya pengedara wanita," himbau Kabid Humas Polda Riau. (tnr)

Loading...
BERITA LAINNYA
Riau Menuju Satu Data yang Lebih Berkualitas
Kamis, 08 April 2021 | 16:20
Uji Coba SR SPAM Durolis
Kamis, 08 April 2021 | 16:19
Pelaku UMKM Diimbau Daftar BPUM
Kamis, 08 April 2021 | 16:16
BERIKAN KOMENTAR
Top