• Home
  • Nasional
  • Polisi Selidiki Truk Terbakar di Dalam Kapal Feri Bakauheni

Polisi Selidiki Truk Terbakar di Dalam Kapal Feri Bakauheni

Senin, 01 Maret 2021 | 11:40
net
Ilustrasi kebakaran.
RIAUGREEN.COM -- Kepolisian memeriksa penyebab sebuah truk ekspedisi terbakar di dalam Kapal Motor Penumpang (KMP) Neomi pada Minggu (28/2) malam.

Terbakarnya truk ekspedisi yang mengirim paket itu sempat membuat panik penumpang kapal yang menyeberang dari Merak (Banten) menuju Bakauheni (Lampung).

"Sampai di Bakauheni, dilakukan pengecekan dan pemeriksaan oleh KSOP, kepolisian," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul, Senin (1/3) pagi.

Pihaknya belum mengetahui lebih lanjut ihwal asal mula api tersulut. Kata dia, saat ini tim sedang melakukan pemeriksaan bersama dengan aparat kepolisian setempat.

"(Sekarang) masih di kepolisian untuk dilakukan pemeriksaan. Jadi sekarang ada di kepolisian pelabuhan," ujar Saifulahil.

Ia menerangkan bahwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIB saat kapal hendak melipir ke dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Kala itu, gumpalan asap ditemukan kru kapal dari dalam truk.

"Setelah masuk alur pelabuhan Bakauheni, ternyata ada asap. Kru kapal mencari, ternyata ditemukan asap itu ada di dalam boks kendaraan truk itu yang membawa paket JNE ya," kata Saifulahil.

Dia mengatakan kru kapal yang menemukan kejadian itu langsung membuka muatan dalam truk tersebut. Setelah dibuka, kata dia, baru diketahui ada kobaran api yang sempat menyala dari dalam truk. Kru kapal pun mencoba melakukan pemadaman terhadap api itu.

"Jadi kru kapal langsung melakukan penanganan dengan menyiramkan air dari hydrant yang ada di kapal," ucapnya lagi.

Dia memastikan saat kejadian api tidak menjalar ke bagian luar truk boks tersebut. Api dapat dipadamkan hanya dalam beberapa menit oleh kru kapal. Saifulahil juga mengatakan tidak ada korban dari insiden kebakaran tersebut.

Sebelumnya, Saifulahil mengatakan ketika kepulan asap dari kebakaran itu terdeteksi, kru kapal pun segera menginstruksikan para penumpang menggunakan jaket keselamatan (life jacket).

"Penumpang sudah pakai life jaket, instruksi dari kru kapal, persiapannya memang begitu," kata Saifulahil.(CNNI)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top