• Home
  • Nasional
  • Vaksinasi Covid-19 Digelar Serentak di Daerah Hari Ini

Vaksinasi Covid-19 Digelar Serentak di Daerah Hari Ini

Kamis, 14 Januari 2021 | 12:03
CNN Indonesia
Ilustrasi vaksinasi covid-19.
RIAUGREEN.COM -- Sejumlah daerah di Indonesia pada hari ini menggelar secara serentak program vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi di daerah akan diutamakan kepada sejumlah warga prioritas terutama tenaga kesehatan.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin meminta agar pemda menyiapkan orang-orang prioritas mereka yang akan divaksin. Program prioritas vaksinasi rencananya akan digelar selama dua hari hingga 15 Januari.

"Bapak/Ibu Gubernur, kepala daerah, tolong persiapan, pilih orangnya, karena tanggal 14-15 (red: Januari) kita akan mulai lakukan vaksinasi di daerah, terutama provinsi," kata Budi Gunadi di kantor Kemendagri, Selasa (5/01) lalu.

Pelaksanaan vaksinasi secara serempak kepada warga atau kelompok prioritas di sejumlah daerah, katanya, dibagi dalam dua tahap guna mengantisipasi potensi efek samping usai divaksin.

Ia juga meminta agar para kepala daerah memastikan fasilitas kesehatan terdaftar dalam aplikasi P-care BPJS sehingga dapat mengikuti program vaksinasi serentak hari ini.

Arahan dari Bapak Presiden, karena kemungkinan akan ada sedikit dampak, misalnya pegel sedikit, demam sedikit, jadi dalam satu Puskesmas, misalnya ada 4 perawat, jangan sampai di hari yang sama kita vaksin semua, kita antisipasi betul efek itu, maka vaksin dulu untuk 2 orang," jelasnya.

Proses vaksinasi terhitung telah dimulai pada Rabu (13/1), diawali suntikan dosis pertama kepada Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju Jilid II di Istana Merdeka. Program vaksinasi rencananya akan dilakukan selama 15 bulan hingga Maret 2022 mendatang.

Jokowi menyebut, setidaknya 70-80 persen warga Indonesia atau setara 181,5 juta penduduk harus disuntik vaksin Covid-19. Jumlah itu, katanya, untuk mencapai target herd immunity atau kekebalan tubuh dari virus.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan di wilayahnya ada tujuh daerah menjadi prioritas penyuntikan vaksin covid.

Ke-7 daerah yang melaksanakan vaksinasi tahap awal yaitu Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

"Di level provinsi dilaksanakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Pak Wakil Gubernur, Pak Kapolda, tokoh-tokoh masyarakat akan disuntik pertama," ujar pria yang akrab disapa Emil itu dalam jumpa pers, Rabu (13/1).

Emil menjelaskan, ketujuh daerah yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 diputuskan oleh Pemerintah Pusat. Adapun Pemerintah Provinsi Jabar sebagai pelaksana teknis di lapangan.

"Selang beberapa hari kemudian sisanya seluruh wilayah di Jabar baru akan dimulai di tahap dua," ujar dia.

Khusus untuk Kota Bekasi, Emil mengatakan Pemerintah Kota Bekasi baru akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi penerima vaksin. Sehingga kemungkinan vaksinasi di sana dilaksanakan pada Jumat (15/1).

"Kami sudah menerima 97.080 vaksin untuk 27 daerah untuk dua kali dosis. Sehingga yang mendapatkan vaksin 97 ribu dibagi dua sekitar 46 ribu. Karena sesuai aturan disuntik dua kali setelah 14 hari," paparnya.(CNNI)

Loading...
BERITA LAINNYA
Warga Kemang Teriak Banjir: Lebih Parah dari 2020
Sabtu, 20 Februari 2021 | 13:25
Iseng, Bocah 16 Tahun Bobol Situs Kejagung
Sabtu, 20 Februari 2021 | 02:44
BERIKAN KOMENTAR
Top