• Home
  • Meranti
  • Lapas Kelas llB Selatpanjang Diskes Lakukan Pemeriksaan HIV, Aids dan PTM Kepada Pegawai dan Warga Binaan

Lapas Kelas llB Selatpanjang Diskes Lakukan Pemeriksaan HIV, Aids dan PTM Kepada Pegawai dan Warga Binaan

Sabtu, 27 Februari 2021 | 19:54
MERANTI, RIAUGREEN.COM -
Lapas Kelas IIB Selatpanjang dan Dinas Kesehatan melalui UPT Puskesmas Selatpanjang kembali melakukan Pemeriksaan HIV/Aids dan PTM (Penyakit Tidak Menular), Sabtu, 27 Februari 2021. 

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Aula Lapas Kelas IIB Selatpanjang ini diikuti oleh seluruh pegawai dan juga warga binaan pemasyarakatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Misri Hasanto mengatakan, untuk Pemeriksaan HIV/Aids difokuskan kepada para warga binaan pemasyarakatan. 

"Kita fokuskan pemeriksaan HIV/Aids ini kepada warga binaan, karena warga binaan merupakan kelompok yang berisiko. Sebab seperti yang kita ketahui, di Lapas ini di dominasi oleh pecandu narkoba, sehingga sangat mungkin mereka lebih berisiko terkena HIV Aids." Ujar Misri. 

Selain pemeriksaan HIV/Aids, pada kegiatan tersebut juga diadakan pemeriksaan gula dan kolesterol untuk mengskrining pegawai maupun warga binaan berusia produktif dan lansia. 

"Seperti diketahui, Penyakit diabetes mempunyai komplikasi serius jika tidak dikontrol dengan baik. Seperti kebutaan, ketegangan otot jantung, stroke hingga gagal ginjal. Jadi harus kita deteksi sejak dini agar kita bisa mencegah dan menghindarinya" terangnya. 

Kemudian untuk pemeriksaan Kolesterol, tambah Misri.

"Data periksaan ini nantinya akan kita tindak lanjut lagi apakah kita adakan penyuluhan bagaimana mencegah darah tinggi atau pun gula darah. Jadi kegiatan kita tidak berhenti disini." tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Selatpanjang, Khairul Bahri Siregar mengatakan sangat mendukung dengan kegiatan tersebut. 

"Kita sangat mendukung dengan kegitan pemeriksaan kesehatan yang diadakan Dinas Kesehatan dan UPT Puskesmas Selatpanjang ini. Sehingga kita bisa tahu, dan mendeteksi sejak dini bagaimana kondisi kesehatan warga binaan kita," tutupnya. (usu)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top