• Home
  • MediaOutReach
  • Komunitas Cyberport Kembangkan Solusi Aplikasi 5G untuk Tingkatkan Pengalaman Hidup dan Aplikasi Komersial

Komunitas Cyberport Kembangkan Solusi Aplikasi 5G untuk Tingkatkan Pengalaman Hidup dan Aplikasi Komersial

Minggu, 18 Juli 2021 | 13:32
Keterangan Foto: Lebih dari 30 proyek dari lebih dari 20 perusahaan rintisan Cyberport telah diberikan subsidi dengan total sekitar HKD15 juta di bawah “Skema Subsidi untuk Mendorong Penerapan Awal 5G” yang diluncurkan sebelumnya oleh pemerintah Hong Kong.

HONG KONG SAR, RIAUGREEN.COM - Media OutReach - Cyberport, sebagai bendera teknologi digital Hong Kong, berkomitmen untuk mempromosikan penerapan teknologi canggih. Dengan mempopulerkan jaringan komunikasi seluler 5G, Cyberport secara aktif membantu komunitas startup dalam mengembangkan solusi aplikasi teknologi 5G. yberport juga berkoordinasi dengan sejumlah operator telekomunikasi dan perusahaan mencari peluang untuk solusi aplikasi 5G, sehingga dapat benar-benar merasakan manfaat 5G untuk meningkatkan pengalaman hidup dan manfaat bisnis. Selain itu, pemerintah Hong Kong sebelumnya meluncurkan Skema Subsidi untuk Mendorong Penerapan Awal 5G”, dan lebih dari 30 proyek yang dikembangkan oleh lebih dari 20 perusahaan rintisan Cyberport telah berhasil menerima pendanaan sekitar HKD15 juta.

“Teknologi nirkabel 5G dapat mencapai transmisi data berkecepatan sangat tinggi, latensi rendah, kapasitas jaringan sangat tinggi, koneksi berskala besar, dan komunikasi yang sangat andal. Kami sangat senang dapat melihat banyak perusahaan rintisan Cyberport dapat menangkap peluang yang dibawa oleh teknologi 5G dan mengembangkan solusi aplikasi baru. Cyberport juga akan menggunakan fasilitas taman dan berbagai jaringan mitra Cyberport untuk mendukung perusahaan rintisan mengembangkan dan menguji 5G solusi aplikasi, dan membantu mereka dalam mengimplementasikan solusi. Kami menyambut baik pengumuman pemerintah untuk meningkatkan pendanaan “Skema Subsidi untuk Mendorong Penerapan Awal 5G”, dan memperpanjang periode aplikasi hingga 31 Juli 2022. Cyberport akan terus mendorong aplikasi komunitas start-up dan membangun kota yang lebih cerdas bersama-sama,” jelas Eric Chan, Chief Public Mission Officer Cyberport, Jumat (16/7/2021) lalu.

Hiburan dan Pengalaman F&B Canggih

Jaringan 5G telah menciptakan perkembangan pesat aplikasi Internet of Things (IoTs), yang mengatasi hambatan geografis di sektor hiburan dan F&B sekaligus menghadirkan kenikmatan yang belum pernah ada sebelumny. Misalnya, start-up hiburan digital Formula Square menggunakan teknologi 5G ultra-kecepatan tinggi dan latensi rendah untuk menghadirkan mobil balap fisik 1/10 ke berbagai adegan. Pemain tidak perlu mengemudi di trek secara langsung, dan mereka dapat menerima bidikan definisi tinggi dari lensa kokpit secara real time melalui jaringan 5G. Layar, mengontrol mobil fisik dari jarak jauh, sehingga pemain dari seluruh dunia dapat mengontrol mobil di trek bersama-sama. Startup Cyberport lainnya, Wada Bento, yang mengembangkan dan mengoperasikan platform mesin penjual otomatis bento, menggunakan teknologi 5G untuk mengontrol mesin penjual bento dari jarak jauh, memantau kesalahan secara real time atau melakukan perbaikan, sehingga mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Promosikan kehidupan hijau

Selain pengalaman hiburan dan F&B, 5G juga mendukung perusahaan rintisan untuk berpartisipasi dalam proyek teknologi hijau. Misalnya, perusahaan teknologi hijau Carbon World menggunakan karakteristik kecepatan tinggi dan latensi rendah 5G untuk meningkatkan mesin daur ulang botol plastiknya sendiri guna mengidentifikasi jenis botol plastik. Kecepatannya sangat dipersingkat dari sekitar 20 detik menjadi dalam 5 detik, dan deteksi real time apakah mesin daur ulang beroperasi secara normal, sehingga meningkatkan efisiensi daur ulang dan memfasilitasi warga untuk mempraktikkan kehidupan hijau.

Aplikasi bisnis dan pameran yang inovatif

5G memberikan kecepatan yang jauh lebih cepat yang mendukung transmisi video real-time untuk streaming langsung di perangkat seluler. Beberapa start-up memanfaatkan kemajuan untuk meningkatkan kualitas bisnis dan pengalaman pameran mereka. Startup Cyberport Ark Space telah mengembangkan sistem perangkat lunak kacamata pintar berbasis 5G yang unik. Visual resolusi tinggi yang ditangkap oleh kamera built-in kacamata akan ditransmisikan ke teknisi di belakang panggung dan staf maintenance secara real time untuk instruksi yang lebih akurat dari perspektif personel garis depan.

Selain itu, Kotak tampilan gambar bergerak yang dikembangkan oleh perusahaan start-up SyZyGy dapat menerapkan teknologi 5G untuk melakukan siaran langsung gambar holografik 1:1 dalam berbagai adegan, yang dapat memperluas pengalaman campuran industri acara ke ruang luar dan juga cocok untuk berbelanja mall untuk keperluan display brand. Unissoft menggunakan fungsi komputasi tepi 5G, menggunakan sinyal 5G untuk mengakses gambar lensa 4K secara nirkabel, dan menyimpannya di cloud. Pada saat yang sama, perangkat nEdge yang digunakan secara lokal menyediakan analisis gambar real time dan secara aktif mendorong informasi ke pengelola lokasi untuk mencegah kecelakaan.

Memperkuat Pembelajaran Interaktif

Seiring berkembangnya teknologi 5G, startup kacamata pintar lokal MAD Gaze secara aktif memperluas aplikasi inovatif 5G untuk berbagai industri, termasuk pengajaran interaktif 5G. Guru pra-memproduksi konten pengajaran yang dinamis melalui aplikasi yang sesuai, memungkinkan siswa untuk memakai kacamata pintar untuk melihat materi pembelajaran AR, dan kemudian bekerja sama dengan guru untuk menjelaskan di tempat, yang sangat meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, dan memperdalam kesan siswa dan efektivitas belajar. 5G menyediakan kecepatan tinggi, kapasitas informasi yang besar, dan fitur latensi rendah, dikombinasikan dengan komputasi AR, untuk mencapai interaksi yang mulus dari bahan ajar AR dan meningkatkan efek tampilan.

Masih banyak perusahaan rintisan dalam komunitas Cyberport juga menyediakan aplikasi 5G. Jika pers ingin mempelajari lebih detail, silakan hubungi email ke media@cyberport.hk.



BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top