• Home
  • MediaOutReach
  • Nova MSC Luncurkan FORNAX™ Cloud untuk Lakukan Pengujian Otomatis BIM di Cloud

Nova MSC Luncurkan FORNAX™ Cloud untuk Lakukan Pengujian Otomatis BIM di Cloud

Selasa, 04 Mei 2021 | 11:57

KUALA LUMPUR, MALAYSIA – Media OutReach – Anak perusahaan novaCITYNETS, Nova MSC Berhad (Nova MSC) baru saja meluncurkan FORNAX™ Cloud (www.fornaxcloud.com) yang memungkinkan pelanggan menggunakan cloud untuk mempercepat digitalisasi bidang arsitektur, teknik dan konstruksi (AEC).

FORNAX ™ Cloud adalah bagian dari Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS) dari sistem FORNAX™ ePlanCheck. Layanan ini akan memberikan manajer yang berkualifikasi dan manajer Building Information Modeling (BIM) cara untuk melakukan pengujian otomatis pada model BIM untuk mengonfirmasi kelengkapan data, pemodelan kualitas sesuai dengan praktik terbaik. Selain itu, membandingkan pola antara iterasi dan mendeteksi konflik kritis adalah bagian dari proses yang diperlukan Rencana Operasional BIM. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas data dalam metodologi yang ada serta dalam teknologi yang sedang berkembang seperti Digital Twins dan 5D BIM Model.

"Dengan peluncuran Cloud FORNAX ™, Kami mempermudah manajer yang berkualifikasi dan manajer BIM untuk menjelajahi aplikasi baru yang kuat akan memberi mereka wawasan berbasis data dan pada akhirnya mendorong peningkatan produktivitas yang signifikan," ujar Lai Teik Kin, CEO Nova MSC Group Senin (3/5/2021).

Menurut Lai Teik Kin, sistem modern FORNAX™ ePlanCheck dari Nova MSC Group telah dikembangkan sejak 2002 dan telah mengalami beberapa siklus peningkatan, dengan penggabungan kecerdasan buatan (AI) untuk mengotomatiskan proses inspeksi.

"BIM dianggap de-facto dalam industri bangunan dan konstruksi, dan tujuan FORNAX ™ ePlanCheck kami didedikasikan untuk mengelola informasi BIM dan memanfaatkannya untuk meningkatkan proses dalam desain, persyaratan peraturan, dan konstruksi proyek bangunan serta pengoperasian dan pemeliharaan aset yang dibangun. Layanan yang kami tawarkan akan membantu mengubah industri karena pemeriksaan rencana bangunan yang melelahkan dapat disederhanakan dan biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menyelesaikannya, hanya membutuhkan beberapa jam dengan FORNAX ™ ePlanCheck kami, memberikan dorongan yang luar biasa dalam produktivitas untuk industri," tambah Lai.

Kombinasi BIM dan cloud adalah area inovasi lain untuk industri yang secara tradisional terfragmentasi. Layanan inspeksi BIM otomatis berbasis cloud pada intinya membantu memfasilitasi kolaborasi. Karena proses konstruksi melibatkan berbagai pihak seperti pemilik, arsitek, dan kontraktor, kerja sama semacam itu akan memastikan integrasi ide yang lebih baik. Ini memungkinkan berbagi informasi tanpa batas dan mendorong pertukaran data, informasi, dan ide yang lebih sering antara pemangku kepentingan, menambah kedalaman proses perencanaan.

Selain itu, fitur yang disediakan dalam permintaan FORNAX ™ Cloud untuk BIM Operational Plan juga memungkinkan manajer dan regulator yang memenuhi syarat BIM melakukan pemeriksaan kepatuhan peraturan awal dalam satu portal BIM sebelum menyerahkan model BIM mereka kepada pihak berwenang untuk pengujian dan persetujuan resmi. Ini sangat penting karena akan membantu menghemat biaya perbaikan akibat kesalahan selama konstruksi BIM.

Manfaat tambahan termasuk peningkatan produktivitas karena algoritme AI milik Nova MSC menghasilkan berbagai kueri relasional sederhana dan kompleks untuk mengekstrak informasi yang relevan dalam model BIM untuk item. Analisis target dan validasi terhadap persyaratan desain dan ekspektasi. Mengotomatiskan analisis ini pada berbagai tahap siklus hidup proyek akan memastikan proyek berlanjut tanpa gangguan apa pun.

Pengujian BIM otomatis juga penting untuk keberhasilan implementasi Digital Twin, karena sebagian besar kekurangan dalam perangkat lunak desain yang ada terutama disebabkan oleh ketidakakuratan dalam model BIM. Layanan yang diberikan oleh Nova MSC akan melakukan pengujian otomatis pada model BIM untuk memeriksa kelengkapan data, kualitas pemodelan praktik terbaik, perbandingan model antara iterasi desain dan mendeteksi konflik kritis elemen kritis untuk memastikan akurasi model.

Dengan menawarkan FORNAX ™ Cloud dalam model SasS, Nova MSC Group akan memungkinkan manajer BIM dan manajer yang memenuhi syarat untuk bergabung dengan biaya di muka yang lebih rendah. Pada saat yang sama, ini akan membantu menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan dan berulang untuk Grup.

FORNAX ™ – Modul yang digerakkan oleh AI dari Grup dikenal luas dan dikenal karena kekuatannya. Di Singapura, baru-baru ini novaCITYNETS mendapatkan kontrak dari Public Utilities Board (PUB), Jurong Town Council (JTC), Otoritas Manajemen Konstruksi (BCA) dan Urban Redevelopment Authority (URA) Singapura untuk solusi sistem canggih, FORNAX ™ ePlanCheck

Selain Singapura, Kota Makkah Arab Saudi juga telah mengesahkan proyek untuk menerapkan Sistem Kepatuhan Peraturan Otomatis (ACRS). akan mengotomatiskan pemeriksaan kepatuhan dengan rencana konstruksi yang diajukan ke kota. Implementasi ARCS juga didasarkan pada sistem ePlanCheck FORNAX ™ Nova MSC.

Pada tahap awal, menurut Nova MSC Group, peluncuran baru ini akan menargetkan pasar AS, China, dan Malaysia . Berdasarkan riset Nova MSC Group, ada sekitar 1,3 juta izin bangunan yang dikeluarkan setiap tahun di AS. Biaya izin konstruksi mencapai sekitar 0,5 sampai 1,0% dari nilai konstruksi, dimana 75% dari biaya pemeriksaan perencanaan. Secara total, Nova MSC Group memperkirakan bahwa biaya untuk pemeriksaan izin konstruksi di AS berkisar antara $ 4,8 miliar hingga $ 9,6 miliar per tahun. Sedangkan di China, paket biaya pemeriksaan izin konstruksi di kota Shanghai saja sekitar 1,8 miliar yuan per tahun. Untuk Malaysia, angkanya 1,5 miliar ringgit Malaysia (RM) per tahun.

Hal ini sejalan dengan laporan pihak ketiga independen oleh Report Ocea, firma riset pasar di AS, yang memprediksikan, BIM dalam ukuran pasar konstruksi AS akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 15,0% dari tahun 2020 hingga 2027.


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top