HONG KONG SAR – Media OutReach – 5 Pemenang Kontes Foto Hong Kong 2020 dalam lima kategori resmi diumumkan. Kategori Kota dimenangkan oleh Chak Kwong Man dengan tema foto ruang, Kategori Satwa Liar dimenangkan oleh Fung Man Hon dengan tema foto Upaya Bersama, Kategori Lansekap dimenangkan oleh Leung Chi Hang dengan tema foto Meal on Lion Rock, Kategori Orang dimenangkan oleh Choi Wai Ha dengan tema foto Lion Rock Spirit, Kategori Seluler dimenangkan oleh Leung Yan Kin dengan tema foto Cahaya di Pikiran. Sementara Penghargaan Khusus bertema tentang 'kebahagiaan dan kesehatan' jatuh kepada Leung Chi Hang, dengan tema fotonya Meal on Lion Rock.

Kontes Foto Hong Kong 2020 sudah memasuki tahun keempat berkat kerjasama National Geographic dan Wheelock Properties, tema tahun ini adalah 'Happy * Healthy"'. Kompetisi kali ini telah menerima lebih dari 7000 kiriman dari para penggemar fotografi dan profesional dari total 13 negara dan kota seperti Hong Kong, Makau, Taiwan, Cina Daratan, Kanada, Amerika Serikat, Inggris dan Malaysia.

Dewan juri terdiri dari fotografer terkenal, yaitu George Steinmetz dari National Geographic, Anthony Lau fotografer Hong Kong terkenal, dan Lee Yungshih, pemimpin redaksi majalah National Geographic edisi Cina.

"Sebagai pengunjung lama ke Hong Kong, saya terkesan dengan bagaimana kota itu digambarkan oleh orang-orang yang paling mengerti. Saya sangat kaget dengan foto pemenang dalam kategori "orang", Seorang wanita sendirian di atap saat senja, berkomunikasi dengan dunia luar melalui ponselnya. Pemandangan indah ini sepenuhnya mencerminkan situasi kota saat ini," komentar salah satu juri George Steinmetz dari National Geographic.

Sementara Ricky Wong Presiden Direktur Wheelock Properties, mengatakan, sebagai acara industri yang dihormati di kota ini, Wheelock Properties berharap dapat membantu fotografer berbakat mewujudkan impian mereka melalui kompetisi fotografi ini dan untuk mengungkapkan gambar dan cerita yang spektakuler kepada audiens kita.

"Tantangan global yang belum pernah terjadi sebelumnya yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 telah mengubah dunia, menciptakan gangguan yang cukup besar pada aktivitas kita sehari-hari dan menyebabkan tekanan fisik dan mental. Khususnya ketika berawalnya COVID-19, banyak orang harus tinggal di rumah. Oleh sebab itu, harapan kami para kontestan dapat menangkap momen ketahanan kota selama pandemi melalui lensa mereka, menginspirasi imajinasi dan merangsang kreativitas serta menyebarkan hal-hal positif melalui kontes foto ini. Kompetisi ini diharapkan dapat digelar secara internasional sehingga orang-orang di seluruh dunia dapat mempelajari keindahan original dari Hong Kong," tuturnya.

Karya-karya pemenang akan dipamerkan di tempat-tempat berikut ini dan pameran tersebut tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum.

Venue #1: WLAB
Address: 1/F, Block A-D, Tung Kin Factory Building, 196 Tsat Tsz Mui Road, North Point
Date: 9 April – 20 April 2021, 2pm – 5pm (Tutup pada Sabtu, Minggu & hari libur)

Venue #2: Gallery by the Harbour
Address: Shop 207, Ocean Centre, Harbour City, Tsim Sha Tsui
Date: 22 April – 9 May 2021, 11am – 10pm