HANOI, VIETNAM – Media OutReach – VinBus, bus listrik pintar pertama buatan VinFast di Vietnam, secara resmi telah dibuka dan dioperasikan oleh Perseroan Terbatas VinBus Ecology Transport Services pada 08 April 2021 lalu. Sambil menunggu penyelesaian prosedur untuk terhubung dengan sistem transportasi penumpang umum kota di waktu mendatang, Jalur bus listrik pertama ini akan beroperasi di Vinhomes Ocean Park (Gia Lam).

Dirakit dan diproduksi oleh VinFast di Pabrik Pembuatan Mobil di Hai Phong, VinBus menggabungkan banyak teknologi modern dengan fitur paling cerdas dan teraman sesuai dengan strategi pengembangan seri bus listrik pintar VinFast saat ini.

Bus dengan desain primer ramah lingkungan, menegaskan orientasi investasi dan pengembangan ekosistem VinFast dalam sarana transportasi cerdas dengan menggunakan energi hijau, ramah lingkungan dan perlindungan kesehatan masyarakat.

VinBus, sebagai bus listrik pintar, memberi penumpang kenyamanan dan keamanan yang luar biasa. Bus dilengkapi dengan sistem otomatis yang mengontrol perilaku pengemudi dan memberi peringatan ketika ada bahaya dan situasi yang tidak aman.

Diantara fitur tersebut adalah Mode lowering otomatis dari bodywork yang sangat cocok bagi orang tua, anak-anak, orang cacat, wanita hamil. Pemberhentian yang akan datang diumumkan melalui papan elektronik. Bus ini juga dilengkapi dengan WiFi gratis, port pengisian USB, monitor hiburan dan sistem kamera keamanan dan kontrol rencana perjalanan, alarm balik, dan pemantauan parkir.

VinBus memiliki baterai berkapasitas 281 kWh, mampu menempuh jarak hingga 220 – 260km. Bus dapat dengan cepat terisi penuh hanya dalam waktu 2 jam di sistem stasiun pengisian cepat 150kW VinBus dengan teknologi pengisian terdepan di dunia yang disediakan oleh StarCharge.

Semua bus VinBus akan dikelola dan dioperasikan secara cerdas melalui pemantauan terpusat, pengisian daya, inspeksi keselamatan, pemeliharaan, perbaikan, dan pembersihan otomatis di stasiun Depot yang diatur secara ilmiah sesuai dengan jalur utama VinBus.

Standar konstruksi stasiun Depot berada di kampus seluas lebih dari 1 hektar, atapnya dilengkapi dengan panel surya, memastikan pasokan energi untuk kegiatan Depot, berkontribusi untuk mengurangi beban tekanan sumber listrik untuk sistem tenaga nasional, perlindungan lingkungan.

"Bepegang teguh pada misi "Melayani dari hati", kami optimis produk bus listrik VinBus yang modern, cerdas, aman dan layanan berdedikasi VinBus akan membuat perbedaan, tidak hanya meningkatkan pengalaman perjalanan orang-orang, tetapi juga mengubah kebiasaan masayrakat dalam menggunakan transprotasi umum, sehingga mengurangi polusi udara dan suara, berkontribusi pada penciptaan lalu lintas hijau di Vietnam," urai Nguyen Van Thanh, Wakil Direktur Jenderal VinBus.

VinBus pertama kalinya akan mengoperasikan jalur internal di Vinhomes Ocean Park. Untuk melayani lebih banyak masyarakat, melalui persetujuan negara bagian yang berwenang akan membuka lebih banyak jalur bus untuk terhubung ke jaringan dan sistem transportasi penumpang umum kota.