HANOI, VIETNAM, RIAUGREEN.COM – Media OutReach – Perusahaan asal Vietnam, VinFast baru saja mengumumkan tiga mobil SUV elektrik self-driving berteknologi mutakhir, yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dengan banyak fitur cerdas yang luar biasa. Ini merupakan sejarah penting yang menegaskan visi VinFast untuk menjadi perusahaan mobil listrik cerdas global dan berkontribusi membawa Vietnam ke tingkat baru di peta industri otomotif dunia.

Hanya dalam tiga tahun beroperasi, melalui visi strategis berjuang untuk menjadi merek mobil berteknologi tinggi global, VinFast telah berhasil meneliti dan mengembangkan tiga mobil listrik self-driving pertamanya, yaitu VF31, VF32, VF33. Ketiga SUV tersebut adalah kendaraan multi-purpose dengan desain kuat dan trendi, dilengkapi kemampuan self-driving, serta fitur-fitur safety dan kecerdasan yang mumpuni.

Secara khusus, VF31 adalah SUV ukuran menengah atau segmen C yang memiliki fitur self-driving dan bantuan kemudi dasar, seperti blind spot warning, peringatan kendaraan saat mundur, peringatan kendaraan dari belakang saat membuka pintu, kamera spion, kamera 360 derajat, sensor bantu parkir depan dan belakang, serta lampu depan otomatis.

Sedangkan seri VF32, masuk dalam jajaran SUV menengah atau segmen D, dan VF33 masuk jenis SUV ukuran besar atau segmen E, kedua SUV ini memiliki tingkat self-driving 2-3, dengan 30 fitur cerdas yang dibagi menjadi 7 kelompok, termasuk asisten mengemudi, kontrol jalur, kontrol kecepatatan, peringatan dan pencegah tabrakan, asisten parkir dan pemantauan pengemudi. SUV dari VinFast termasuk salah satu dari sedikit kendaraan di dunia, yang mencapai kemampuan autopilot level 3, yang menegaskan kemampuan R&D VinFast dalam mengusung produk perintis kelas tinggi.

Yang paling spesial, ketiga SUV ini memiliki sistem penginderaan berkinerja tinggi termasuk sensor LiDAR, 14 kamera mampu mendeteksi objek hingga jarak 687m, 19 sensor 360 derajat memungkinkan peringatan dan handling pada kecepatan tinggi di atas 100 km / jam. Sistem self-driving yang dikontrol chip Orin-X dapat menangani hingga 200 GB data perdetiks, memungkinkan kontrol dan navigasi hingga delapan kali lebih cepat daripada generasi saat ini. Selain itu, versi high-end dari semua 3 model dilengkapi dengan beberapa fitur otonom level 4 seperti pengaturan peta tiga dimensi otomatis (yang pertama dan satu-satunya di pasar), memungkinkan penemuan dan parkir otomatis, memberi perinmtah pada kendaraa, serta kemampuan terhubung ke sistem lalu lintas dan kota pintar, sehinga memberikan pengalaman yang nyaman, aman dan berkelas bagi pengguna.

Selain fitur otonom canggih tersebut, dengan filosofi "customer-centric", VinFast secara khusus tertarik untuk berinvestasi dalam fitur-fitur cerdas (kokpit virtual), dengan teknologi canggih terdepan di dunia seperti, teknologi kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam (Deep Learning), pengenalan wajah, asisten virtual multibahasa. Fitur di atas tidak hanya membuka ruang yang sempurna untuk kesenangan dan hiburan di dalam mobil, tetapi juga dapat disesuaikan sepenuhnya untuk mempersonalisasi kendaraan, sesuai dengan karakteristik dan kebiasaan penggunaan pemiliknya. Ini adalah perbedaan luar biasa yang menjadi andala VinFast untuk meningkatkan pengalaman pengguna, menciptakan setiap momen paling berharga, yang jawabannya ada di mobil listrik VinFast.

Terkait fitur keselamatan, ketiga model SUV tersebut telah memenuhi standar keselamatan tertinggi di dunia seperti NHTSA 5, Euro NCAP 5, dengan sistem deteksi otomatis, peringatkan dan pemberitahaun ke fasilitas medis jika terjadi kecelakaan. Baterai dipasang di bawah lantai kendaraan, dengan ketahanan panas dari 400C hingga 800C, memastikan keamanan mutlak saat bepergian. Selain itu, semua kendaraan memiliki fitur pembaruan perangkat lunak otomatis, mendeteksi kesalahan pada kendaraan dan secara otomatis menghubungi bengkel.

Direncanakan SUV VF31 sudah bisa dipesan di Vietnam pada Mei 2021 dan diserah terima kepada pembeli mulai November 2021. Sementara SUV VF32 dan VF33 sudah bisa dipesan di Vietnam mulai September 2021, penyerahan kepada pembeli mulai Februari 2022, sementara untuk pasar AS, Kanada, dan Eropa akan dilakukan mulai November 2021 dan mengirimkan kendaraan mulai Juni 2022.

Peluncuran kendaraan listrik berteknologi tinggi, termasuk skuter listrik, bus listrik dan mobil listrik, merupakan bagian dari roadmap VinFast yang direncanakan sejak terjun di pasar otomotif tiga tahun lalu. Selain kompleks pabrik paling modern di Asia Tenggara di Vietnam, VinFast saat ini memiliki jaringan pusat R&D di Australia, Jerman dan Amerika, pusat pengujian kendaraan kelas dunia di Australia. Ini adalah dasar yang kuat bagi VinFast untuk mewujudkan visi globalnya menjadi perusahaan kendaraan listrik berteknologi tinggi paling populer di dunia, berkontribusi pada pengembangan ekosistem transportasi ramah lingkungan dan mengurangi emisi.

Spesifikasi 3 model baru dari VinFast:

VinFast VF31 – SUV listrik segmen C

  • - Keseluruhan: panjang 4,300mm, jarak sumbu roda 2,611mm; Layar infotainment 10-12,8 inci, sistem pendingin udara menggunakan filter HEPA dengan filter karbon aktif; pemanas roda kemudi, pemanas kursi dan ventilasi (versi premium) …
  • - Menggunakan motor listrik magnet permanen: Setara dengan kendaraan yang menggunakan mesin pembakaran internal. Tenaga 150kW, torsi maksimum 320Nm (versi premium). Tenaga 85kW, torsi maksimum 190Nm (versi standar). Baterai berkapasitas 42kWh. Jarak tempuh setelah setiap pengisian penuh adalah 300km.
  • - Standar keamanan: EURO NCAP 5 * (versi premium); ASEAN NCAP 4 * (versi standar).

VinFast VF32 – SUV listrik segmen D

  • - Keseluruhan: panjang 4.750mm, jarak sumbu roda 2.950mm; Layar infotainment 15,4 inci; sistem pencahayaan interior dengan penyesuaian multi warna, sistem pendingin udara menggunakan filter HEPA dengan filter karbon aktif; pemanas roda kemudi, pemanas dan ventilasi kursi (versi premium)….
  • - Menggunakan 2 buah motor listrik magnet permanen berkapasitas 300 kW dan torsi maksimal 640 Nm (versi premium). Menggunakan motor listrik magnet permanen berkapasitas 150kW dan torsi maksimal 320Nm (versi standar). Baterai berkapasitas 90kWh dan sistem penggerak 4 roda penuh waktu.
  • - Standar keamanan tertinggi: NHTSA 5 *, Euro NCAP 5 *

VinFast VF33 – SUV listrik segmen E

  • - Keseluruhan: panjang 5,120mm, jarak sumbu roda 3,150mm, layar infotainment 15,4 inci, sistem LED Matrix; Kaca langit-langit panorama, luas 2.63m2, anti-UV (UV) 99% (versi premium).
  • - Menggunakan 2 buah motor listrik magnet permanen berkapasitas 150kW. Kapasitas baterai hingga 106kW. Jarak tempuh setelah setiap pengisian penuh adalah 550km
  • - Standar keamanan tertinggi: NHTSA 5 *, Euro NCAP 5 *.