• Home
  • MediaOutReach
  • Furukawa Electric Kembangkan Tekonologi Pemanfaatan Sampah Plastik yang Sulit Didaur Ulang

Furukawa Electric Kembangkan Tekonologi Pemanfaatan Sampah Plastik yang Sulit Didaur Ulang

Sabtu, 23 Januari 2021 | 14:49

TOKYO, JEPANG, RIAUGREEN.COM – Media OutReach – Furukawa Electric telah mengembangkan teknologi unik untuk mengubah sampah plastik yang sulit didaur ulang, seperti sampah dari kemasan fleksibel, menjadi plastik bertulang berkekuatan tinggi.

Karena bobotnya yang rendah, daya tahan dan kualitasnya, kemasan fleksibel sering digunakan untuk melindungi makanan dan produk sehari-hari. Namun, karena kemasan fleksibel seringkali terdiri dari berbagai bahan plastik serta aluminium dan kertas, limbah ini kebanyakan berakhir di di tempat pembuangan sampah atau di insinerator.

Teknologi yang digunakan oleh Furukawa Electric memanfaatkan serat selulosa dari kertas bekas sebagai penguat. Dalam satu proses, kertas diparut menjadi serat selulosa dan serat dimasukkan ke dalam plastik. Teknologi ini secara praktis menggandakan kekuatan tarik plastik asli, memungkinkan bahan daur ulang digunakan untuk berbagai penggunaan akhir.

Teknologi ini telah digunakan untuk produk kabel Furukawa Electric sejak tahun 2019. Selain itu, bekerja sama dengan Zebra CoLtd, telah berhasil memproduksi pulpen dari berbagai kemasan fleksibel dan sudah mulai digunakan.

Furukawa Electric tidak akan membatasi diri pada produk perusahaannya saja, melainkan menjalin kerja sama dengan semua pihak dalam rantai nilai daur ulang, untuk memperluas jangkauan aplikasi teknologi ini ke alat tulis, furnitur, peralatan listrik dan suku cadang otomotif. Dengan meningkatkan daur ulang plastik di seluruh dunia, Furukawa Electric akan berkontribusi mengatasi masalah sampah plastik.

Tautan rilis berita: https://www.furukawa.co.jp/en/release/2020/fun_20201218.html


Loading...
BERITA LAINNYA
Kingdom Consultancy Rayakan 15 Tahun Keunggulannya
Sabtu, 27 Februari 2021 | 17:21
BERIKAN KOMENTAR
Top