• Home
  • Lingkungan
  • Buaya Muara Terperangkap 'Bubu' Milik Warga Kuansing Riau

Buaya Muara Terperangkap 'Bubu' Milik Warga Kuansing Riau

Senin, 01 Maret 2021 | 09:41
BBKSDA
KUANSING, RIAUGREEN.COM - Petugas Balai Besar KSDA Riau dipimpin Kepala Resort Bukit Rimbang Baling, bapak Ar Azmi menuju ke Desa Sikakak, Kec. Cerenti, Kab. Kuantan Singingi, Provinsi Riau, untuk menindaklanjuti informasi dari Kapolsek Cerenti  tentang adanya masyarakat yang menyerahkan satwa (Buaya muara) ke kantor Polsek Cerenti.

Sesampainya di kantor Polsek  Cerenti, Tim berkoordinasi dengan Kapolsek untuk melihat kondisi satwa tersebut dan melakukan langkah langkah lebih lanjut.

Tim segera melakukan identifikasi. Buaya muara berukuran sekitar 1,5 m, diperkirakan berumur 2 s.d 3 tahun dengan jenis kelamin betina dan kondisi relatif sehat (aktif bergerak dan tidak dijumpai luka).

Berdasarkan Informasi yang didapat dari Kapolsek, Kronologi ditemukannya Buaya adalah adanya warga Sikakak bernama pak Utam yang sedang melihat lukahnya (sejenis bubu untuk mencari ikan).

Warga tersebut terkejut dengan adanya seekor Buaya muara yang masuk di dalam lukahnya. Pak Utam langsung mengangkat lukah tersebut ke daratan untuk mengeluarakan dan mengikat Buaya tersebut. Selanjutnya beliau melapor dan menyerahkan satwa tersebut ke pihak Kepolisian sektor Cerenti. Dan selanjutnya Kapolsek Cerenti segera melaporkan kejadian tersebut kepada Balai Besar KSDA Riau.

Tim menyampaikan terima kasih kepada pihak Kepolisian dan masyarakat terkhusus pak Utam yang telah berupaya melakukan penyelamatan satwa dilindungi. Tak lupa Tim juga menghimbau agar masyarakat berhati hati dan waspada jika beraktivitas di lokasi sekitar habitat Buaya.

Karena kondisi fisik satwa yang sehat, Tim segera melakukan pelepasliaran Buaya ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk. (red)

Loading...
BERITA LAINNYA
Taiwan Laporkan Kematian Massal Terumbu Karang
Kamis, 14 Januari 2021 | 12:04
Erupsi Gunung Sinabung Kembali Terjadi Hari Ini
Senin, 04 Januari 2021 | 12:27
BERIKAN KOMENTAR
Top