Belasan Hektar Lahan Gambut di Rupat Terbakar

Kamis, 31 Januari 2019 | 13:51
dahari/riaugreen.com
Petugas memadamkan kebakaran lahan gambut di Pulau Rupat Bengkalis Riau
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Mencapai 15 hektar lahan gambut di Desa Kebumen, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis Riau, sejak Senin (28/1/19) lalu hingga hari ketiga ini, Rabu 30 Januari 2019 masih terbakar.

Sat ini, petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Masyarakat Peduli Api (MPA) dibantu perusahaan PT. Sumatera Riang Lestari (SRL) masih berjibaku melakukan upaya pemadaman di lahan gambut di perkebunan sawit dan lahan kosong, serta lahan milik warga setempat.

Sementara, penyebab kebakaran asal muasal api. Petugas juga kesulitan untuk menjinakkan api, selain cuaca terik juga dipicu angin kencang semakin memperluas lahan gambut yang terbakar.

Kemudian, jarak sumber air dengan lokasi kebakaran cukup jauh sekitar tiga kiloan meter.

"Hingga petang ini masih terbakar, sudah sekitar belasan hektar. Petugas di lapangan masih berusaha melakukan pemadaman," ungkap Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bengkalis, Djamaluddin melalui Kepala Bidang Pengendalian Operasional, Sarana Prasarana dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran, Donni Sartika, S. Psi, M. Si ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Donni menambahkan, sejumlah peralatan dan perlengkapan serta sarana untuk mengendalikan kebakaran telah dikerahkan. Dirinya berharap api tersebut tidak terus meluas.

"Kita berharap api segera dapat dikendalikan dan kebakaran ini tidak terus meluas. Disamping itu, cuaca panas dan terik ini, kita juga mengimbau agar warga jangan membuang pontong rokok yang masih menyala dengan sembarangan apalagi sedang berada di lahan yang rawan terbakar,"ungkapnya menambahkan. (wra/ri)

BERITA LAINNYA
Satu Lagi Harimau Sumatera Kembali ke Hutan Rimba
Jumat, 04 November 2022 | 13:34
Mengenal Abrasi, Dampak dan Penanggulangannya
Kamis, 16 Juni 2022 | 19:55
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top