• Home
  • Lingkungan
  • Setelah Hujan Pergi, Kabut Asap kembali Tutupi Pekanbaru

Setelah Hujan Pergi, Kabut Asap kembali Tutupi Pekanbaru

Senin, 12 Oktober 2015 | 14:04
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kabut asap di Riau sempat menghilang setelah hujan turun pada Jumat, 9 Oktober. Namun Senin, 12 Oktober, provinsi ini kembali dikepung kabut asap.

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Sugarin, kabut asap menutupi Riau sehingga membatasi jarak pandang antara 500 meter sampai satu kilometer. Ketika hujan turun tiga hari lalu, jarak pandang sempat membaik sampai dengan tujuh kilometer.

"Di Riau ada delapan titik panas yang tersebar di Kepulauan Meranti dan Pelalawan masing-masing tiga titik, dan Bengkalis dua titik," kata Sugarin.

Satelit Terra dan Aqua BMKG mencatat secara keseluruhan ada 90 titik panas di Sumatera, yang terbanyak ada di Sumatera Selatan dengan 65 titik panas.

Berdasarkan data Satgas Darurat Asap Riau, ada kebakaran cukup besar di daerah Koto Gasib, Siak.

"Tim juga terus berkoordinasi dengan tim Satgas Darat yang berada di masing-masing wilayah untuk melaksanakan pengecekan secara langsung ke lokasi untuk memverifikasi keberadaan titik api tersebut," kata Komandan Satgas Udara Riau Marsma Henri Alfiandi.

Menurutnya ada tim yang masih bekerja melakukan water bombing terus menerus menggunakan tiga helikopter sewaan. Selain helikopter juga ada pesawat Cassa-212 yang melakukan modifikasi cuaca untuk memancing hujan. (ant/red)

BERITA LAINNYA
Satu Lagi Harimau Sumatera Kembali ke Hutan Rimba
Jumat, 04 November 2022 | 13:34
Mengenal Abrasi, Dampak dan Penanggulangannya
Kamis, 16 Juni 2022 | 19:55
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top