• Home
  • Inhu
  • Pemkab Inhu Bahas Permasalahan PT PLM Batang Gangsal bersama Pihak Terkait

Pemkab Inhu Bahas Permasalahan PT PLM Batang Gangsal bersama Pihak Terkait

Kamis, 04 Februari 2021 | 13:19
INHU, RIAUGREEN.COM Sehubungan dengan rangkuman wartawan banyaknya permasalahan yang terjadi di PT. PLM (Palm Lestari Makmur) yang berada di Desa Penyaguan, Kecamatan Batang Gansal, Pemda Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau,  bersama dengan pihak-pihak terkait menggelar rapat di Lantai 4 Kantor Bupati Inhu, Rabu (3/2/2021) pematang reba.

Dalam rangkuman rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekda Inhu H. Hendrizal M.Si, hadir dalam kesempatan ini Kepada Dinas (Kadis) Pertanian dan Peternakan Inhu Paino SP beserta jajaran, Kadis Naker dan Transmigrasi Inhu Endang Mulyawan S.Hut, M.Si beserta jajaran.

Dan selanjutnya juga hadir Direktur PT. PLM dan Humas PT. PLM H. Ridwan, Ketua SPN (Serikat Pekerja Nasional) Sawal Harahap, Ketua SPSI.AGN Zulfendy serta perwakilan masyarakat.

Dengan kesempatan yang sama juga terungkap bahwa PT. PLM tidak memiliki izin pelepasan kawasan,sehingga perusahaan perkebunan ini juga tidak memiliki HGU (Hak Guna Usaha) sebagai salah satu syarat untuk mendirikan perusahaan perkebunan.

Kadis Pertanian dan Perternakan (Distankan) Inhu Paino SP mengatakan bahwa setiap perusahaan harus mengurus izin pelepasan kawasan paling lama 2 tahun sejak diberikan IUP (Izin Usaha Perkebunan).

Namun PT. PLM setelah 13 tahun beroperasi sejak tahun 2007 hingga sekarang belum memenuhi kewajibannya terhadap hal tersebut,"Ujarnya.

Maka Hal itu tentu saja sangat berdampak terhadap legalitas perusahaan, dari 10 kewajiban yang harus dipenuhi PT. PLM, 80 (delapan puluh) persen tidak dilaksanakan termasuk 20 persen flasma untuk masyarakat tempatan.

Disisi lain, masyarakat Desa Penyaguan yang diwakili oleh Cucu Saparudin meminta kepada PT. PLM untuk merealisasikan hak masyarakat sebanyak 400 hektare dari 2085 hektare lahan yang dikuasai oleh PT. PLM.Ungkapnya. (tim/***)

Loading...
BERITA LAINNYA
2 Daerah di Inhu Masuk Zona Merah Covid-19
Selasa, 06 April 2021 | 22:33
BERIKAN KOMENTAR
Top