• Home
  • Inhil
  • 5 Hektar Lahan Terbakar di Kecamatan Kempas

5 Hektar Lahan Terbakar di Kecamatan Kempas

Minggu, 28 Februari 2021 | 14:05
INHIL, RIAUGREEN.COM - Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan turun langsung memadamkan kebakaran lahan hutan (Karlahut) yang ada di Desa Sungai Rabit Kecamatan Kempas, SK 26 Dusun Jasa Bina Utama Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Terpantau dari awak media pemadaman sudah berlangsung selama dua hari, dimulai pada Sabtu (27/2) kemarin dan menginap di permukiman masyarakat sekitar lokasi kebakaran, hingga hari ini Minggu (28/2/2021) kembali dilanjutkan pemadaman Karlahut. 

"Hari ini kami masih berjibaku dalam upaya pemadaman dan pendinginan kebakaran lahan, rekan-rekan media bisa menyaksikan, api sudah padam jadi saat ini dilakukan pendingin," ucap AKBP Dian Setyawan kepada awak media saat diwawancarai di lokasi karlahut. 

Kapolres Inhil juga mengatakan selain dilakukan pemadaman dan pendinginan, nanti akan dilakukan penyekatan agar api tidak menyebar luas.

"Kami akan lakukan pemadaman sehingga benar-benar tidak ada lagi titik api (hotspot), pantang pulang sebelum padam," tegas kapolres Inhil. 

Lebih lanjut Kapolres juga mengatakan sebanyak kurang lebih 5 hektare lahan yang terbakar. Di lokasi SK 25 dan SK 26.

Mengingat lokasinya luas, BPBD dan TNI upayakan pemadaman dilokasi SK 25, sedangkan tugas Polres Inhil di SK 26 bersama MPA serta PT SRL.

"Ataupun hari ini yang turun ke lokasi Karlahut dari Polres Inhil sebanyak 40 personil, dari Masyarakat Peduli Api
(MPA) 30 personil, Dari PT SRL 6 orang, BPBD 10 personil dan dibantu TNI serta Anak Muda Milenial Indonesia (AMMI)," sebutnya.

Kapolres Inhil juga mengimbau kepada masyarakat, untuk setuasi di musim kemarau ini, untuk membuka lahan agar jangan dibakar. Karena bisa merugikan dengan polusi udara, dan api sangat cepat merambat di lahan yang sangat kering.

"Ya kalau dibakarkan menimbulkan polusi udara dan sangat merugikan kita semua dengan menggangu kesehatan, apalagi tanah gambut sudah kering itu sangat cepat merambat, jadi saya sangat berharap kepada masyarakat agar bijak dalam membuka lahan," tutup kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan.

Untuk diketahui Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan didampingi, Kabag Ops Polres Inhil, Kasat Reskrim Polres Inhil kasat Narkoba Polres Inhil, kasat Lantas Polres Inhil, Kasat Intel Polres Inhil, Kapolsek Kempas, Kapolsek Tembilahan saat memadamkan api. (San)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top