• Home
  • Inhil
  • Iwo Inhil Bersama Lintas Sektor Wacanakan Jemput Bola Dokumen Penduduk

Iwo Inhil Bersama Lintas Sektor Wacanakan Jemput Bola Dokumen Penduduk

Kamis, 31 Desember 2020 | 18:45
INHIL, RIAUGREEN.COM - Mengusung kegiatan kemanusiaan dari segi peduli terhadap dokumen kependudukan masyarakat, kolaborasi lintas sektor di Indragiri Hilir siap jemput bola ke Dusun-dusun.

Lintas sektor yang masuk di dalam program ini yakni Ikatan Wartawan Online (IWO) PD Kabupaten Indragiri Hilir, Forum Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Inhil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Bhabinkamtibmas Sialang Panjang dan Pemdes Sialang Panjang dan Pemdes Kuala Sebatu.

Digagasnya Program ini menurut ketua PD Iwo Inhil, Muridi Susandi melihat masih adanya masyarakat di bawah yang mungkin tidak memiliki kesempatan serta kemampuan dalam mengurus administrasi kependudukan jadi perlu ada sentuhan langsung dari atas. 

"Kita lihat masih banyak masyarakat yang belum mengurus Dokumen Kependudukan, mungkin mereka sibuk atau belum mengerti, tapi pada saat ada keperluan baru sibuk menghubungi, untuk itu kita mulai berkomunikasi dengan seluruh pihak agar duduk dan dibuatkan program guna bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan dari bawah ini," ujarnya, Rabu (30/12/2020).

Setelah duduk bersama antar lintas sektor, terang Muridi, dapatlah benang merah yang bisa menjadi solusi buat membantu masyarakat yakni harus turun langsung ke Dusun-dusun (Jemput Bola Dokumen Kependudukan).

"Kita sudah duduk bersama dengan pemerintah desa membicarakan ini, Desa Sialang Panjang dan Desa Kuala Sebatu menyambut baik wacana ini dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Kemudian inovasi terbaru Disdukpencapil Inhil yang sudah bisa mengurus Dokumen Kependudukan di Desa, menjadikan modal utama dalam pelaksanaan kegiatan ini.  Kita coba manfaat semaksimal mungkin agar bisa mengentaskan permasalahan tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Inhil, Mizwar Efendi saat ditemui di ruangannya menyambut baik wacana tersebut. Dan Ia katakan siap membantu dari segala bentuk yang memang sekiranya diperlukan berkenaan dengan kapasitas Disdukpencapil Inhil.

"Ini yang kita harapkan, adanya peran RT dan Pemdes di lapangan untuk memperhatikan data masyarakat. Kita support kegiatan ini dan segala bentuk keperluan yang berkenaan dengan kebijakan Dinas siap kita bantu," belum lama ini.

Mizwar juga katakan, Disdukpencapil Inhil akan terus melakukan inovasi guna memanfaatkan teknologi untuk melayani masyarakat seluruh wilayah Inhil tanpa batas dan waktu. 

"Kita terus diminta untuk melakukan perubahan sistem pelayanan dari manual menuju online agar bisa memudahkan masyarakat  serta meminimalisir adanya Calo. Namun setiap inovasi yang ada bukan serta merta saya terima begitu saja, saya juga ikut menguji dan mempelajari dengan menggunakan sistem memandang Dukcapil dari jauh dalam artian apa yang telah kami wacanakan berjalan sesuai rencana atau hanya sebatas konsep saja. Untuk itu saya terus membuka kritikan dan saran agar bisa mengevaluasi kerja," ungkapnya.

Secara terpisah, Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Dwi Budiyanto selaku pejabat yang membawahi Pemerintah Desa saat bincang-bincangnya mengenai kegiatan ini langsung memberikan apresiasi.

Budi katakan, kegiatan ini merupakan suatu kerja nyata dari Pemerintah Desa ke masyarakat yang memang butuh perhatian berkenaan dengan dokumen kependudukan yang memang sangat dibutuhkan oleh siapapun.

"Memang dari RT dan Pemerintah Desa yang seyogyanya bergerak karena suatu waktu masyarakat tersebut tetap akan memerlukan Dokumen Kependudukan. Kami dari Dinas sangat mensupport dan apabila ada kendala berkenaan dengan bidang saya silahkan hubungi secepatnya akan dicarikan solusi," tukasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan "Jemput Bola Dokumen Penduduk ke Dusun-dusun" akan dilaksanakan di desa Sialang Panjang dan desa Kuala Sebatu. Mengenai waktunya masih dibicarakan karena masing-masing desa masih mensosialisasikan ke Dusun dan RT yang ada di desa. (Ms)

Loading...
BERITA LAINNYA
Pimpinan DPRD Inhil Sambangi Kantor PWI Inhil
Minggu, 09 Mei 2021 | 19:06
BERIKAN KOMENTAR
Top