• Home
  • Inhil
  • Kecamatan Mandah Wakili Inhil ke Tingkat Provinsi

Kecamatan Mandah Wakili Inhil ke Tingkat Provinsi

Kamis, 30 Agustus 2018 | 16:08
INHIL, RIAUGREEN.COM - Kecamatan Mandah akan mewakili Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengikuti Lomba Cipta Menu (LCM) Serba Ikan Tingkat Provinsi Riau tahun 2018.

Keputusan tersebut dikarenakan Kecamatan Mandah berhasil menjuarai LCM Serba Ikan tingkat Kabupaten Inhil, yang digelar di Gedung Daerah Engku Kelana, Jalan Baharudin Jusuf Tembilahan, Rabu (29/8/2018).

Ketua Panitia Pelaksana, Marduan mengatakan, pada lomba yang diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Inhil ini, masing-masing peserta menyajikan berbagai olahan masakan berbahan baku ikan, dengan tampilan yang apik dan menarik.

"Kategori penilaian terbagi tiga, yaitu menu balita, menu keluarga, dan menu kudapan," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan lomba tersebut merupakan peran aktif Dinas Perikanan Kabupaten Inhil, khususnya dalam menangani masalah pangan yang bersumber dari produk-produk kelautan dan perikanan serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan gizi nasional melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

Oleh karenanya, untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat di Negeri Seribu Parit, diperlukan kegiatan dan program yang dapat menarik minat masyarakat agar lebih banyak lagi mengkonsumsi ikan, salah satunya dengan LCM Serba Ikan yang merupakan promosi edukasi dan peningkatan konsumsi ikan yang dimulai dari usia dini, sekaligus sebagai implementasi dari gerakan gemar makan ikan.

"Tujuan LCM Serba Ikan, yaitu menyebarluaskan dan menginformasikan gemar makan ikan yang dimulai dari usia dini dan memberikan pemahaman tentang manfaat pengolahan serba ikan, sesuai dengan tema pada acara hari ini "Ragam Menu Masakan Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat"," terangnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Inhil, Hj Zulaikhah dalam sambutannya menyatakan bahwa ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama pada masa anak-anak.

"Kita perlu mendorong anak-anak agar gemar makan ikan, karena ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi, mengandung omega 3 yang cukup baik bagi kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama golden periode atau 1000 hari pertama kehidupan, serta sangat baik bagi inu pada periode persiapan kehamilan, masa kehamilan hingga memberikan ASI dan dilanjutkan pada usia dini hingga remaja," katanya.

Melihat besarnya dampak tersebut, TP PKK bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Inhil akan terus melakukan sosialisasi gerakan gemar makan ikan yang dimulai dari usia dini. (adv/ms)
Loading...

Loading...
BERITA LAINNYA
5 Hektar Lahan Terbakar di Kecamatan Kempas
Minggu, 28 Februari 2021 | 14:05
Penjual Togel Diamankan Anggota Polres Inhil
Minggu, 24 Januari 2021 | 10:40
FPI Inhil Turunkan Sendiri Plang Dan Atributnya
Kamis, 31 Desember 2020 | 18:46
Enam Orang Tamu Tewas Terbakar di Wisma Abu Inhil
Selasa, 15 Desember 2020 | 11:36
BERIKAN KOMENTAR
Top