• Home
  • Dunia
  • 5 Kampus Terbaik di Dunia yangBanyak Diburu Para Pelajar

5 Kampus Terbaik di Dunia yangBanyak Diburu Para Pelajar

Rabu, 24 Februari 2021 | 12:13
Dok. Harvard University
Harvard University, salah satu kampus terbaik di dunia
RIAUGREEN.COM - Banyak detikers yang pasti mengincar beberapa kampus terbaik di dunia. Keinginan untuk berkuliah di luar negeri biasanya muncul karena ada saudara atau teman yang juga kuliah di sana, atau habis mengikuti seminar beasiswa luar negeri dengan mendatangkan para lulusan dari kampus ngetop di dunia.

Dari situlah, detikers mulai membuat daftar kampus mana yang akan dituju dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Bahkan universitas di Indonesia sendiri juga tidak kalah bersaing. Berdasarkan QS University Rankings sebagai pemeringkatan universitas top di Asia diketahui bahwa UGM menempati peringkat ke 57, UI peringkat ke 59, dan ITB peringkat ke 62.

Lalu, kampus mana saja yang terbaik di dunia?

Harvard University

Harvard University adalah universitas terbaik di dunia yang menempati posisi pertama. Di mana universitas ini sudah ada sejak tahun 1636 dan dinobatkan sebagai universitas tertua di Amerika Serikat. Untuk Harvard sendiri adalah berbasis Cambridge dan Boston, Massachusetts serta mempunyai lebih dari 20.000 calon lulusan. Bahkan sampai sekarang sudah ada lebih dari 360.000 alumni yang ada di seluruh dunia.

Stanford University

Universitas yang ada di Stanford, California ini telah ada sejak tahun 1891. Ada banyak pelajar dari seluruh dunia yang berharap untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa di kampus bergengsi ini. Bahkan pasti di antara detikers juga bercita-cita bisa berkuliah di Stanford University.
Diketahui bahwa Stanford University memiliki 7 sekolah dan 18 institut interdisiplin dengan 2.100 fakultas. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama pernah memberikan pujian untuk universitas ini dalam Global Entrepreneurship Summit tahun 2016.

Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology atau MIT yang berada di Cambridge menjadi salah satu kampus teknologi terbaik di dunia yang sudah ada sejak tahun 1861. Diketahui bahwa MIT memiliki 5 kampus dan 1 program yang bekerjasama dengan World Hole Oceanographic Institution ( WHOI). Dengan begitu, jumlahnya ada 32 departemen yang khusus ada di bidang Sains dan Teknologi.

Hal yang membuktikan bahwa universitas ini adalah universitas ternama di dunia adalah adanya 81 pemenang nobel, 52 ilmuwan yang meraih National Medal of Science, 45 peraih Rhodes Scholars, 38 orang yang meraih MacArthur Fellows, dan 59 anggota dari Massachusetts Institute of Technology yang sudah mendapatkan nobel.

University of California Berkeley

Secara resmi, kampus ini bernama University of California yang terletak di Berkeley. Sebuah kota yang ada di pantai timur San Francisco Bay, California. Oleh karena itu, selama ini detikers lebih mengenalnya dengan nama Berkeley.

Kampus terbaik di dunia ini didirikan sejak tahun 1868. Diketahui bahwa di tahun 2015, kampus ini telah memiliki 10 kampus dengan jumlah mahasiswa sebanyak 238.700, 19.700 dosen fakultas, dan 135.900 staf. Bahkan ada beberapa pejabat Indonesia yang adalah lulusan University of California Berkeley. Di antaranya adalah mantan menteri Widjojo Nitisastro, mantan duta besar Indonesia di Amerika Serikat yakni Kuntjoro-Jakti, hingga wali kota Bandung Ridwan Kamil. Merekalah inspirasi detikers untuk bisa melanjutkan pendidikan ke kampus ini.

Princeton University

Kampus terbaik di dunia lainnya yang bisa menjadi tujuan detikers adalah Princeton University. Inilah salah satu universitas bergengsi di Amerika Serikat yang telah melahirkan banyak sekali tokoh-tokoh penting. Kampus ini pun sudah ada sejak lama yakni 1764 dan berlokasi di New Jersey.

Jurusan yang menjadi unggulan di kampus ini diantaranya berupa arsitektur, teknik, dan international and public relation. Di mana jurusan tersebut adalah untuk sarjana maupun pascasarjana. Tokoh-tokoh penting yang menjadi lulusan dari universitas ini adalah istri dari mantan presiden Barack Obama yakni Michelle Obama, James Madison, dan Woodrow Wilson. (detik.com)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top