• Home
  • Dumai
  • Hutan Wisata Dumai Berbenah Menjadi Destinasi Wisata Unggulan

Hutan Wisata Dumai Berbenah Menjadi Destinasi Wisata Unggulan

Sabtu, 23 Januari 2021 | 16:32
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Suasana siang itu sangat terik, namun sinar matahari yang memancar terhalang oleh pohon-pohon tinggi nan rimbun yang hampir memenuhi sebagian Kawasan Taman Hutan Wisata Alam Sungai Dumai, sehingga udara menjadi teduh, dengan hembusan angin sepoi-sepoi, menambah suasana sejuk di lingkungan hutan wisata yang tampak semakin bersih.
 
Pada siang Sabtu (16/1/2021), ketika riaugreen,com mengunjungi kawasan yang populer disebut hutan Wisata Dumai ini, terlihat beberapa rombongan keluarga menggelar tikar, membawa perbekalan dari rumah untuk bersantap siang, lauk-lauk dari ikan asin, ikan lele, ayam, sayuran, sambal, terhampar diatas tikar, ditambah berbagai minuman seperti kopi dan teh, menambah keakraban acara kumpul keluarga tersebut, sementara beberapa anak-anak terlihat ceria bermain, dan melihat gerombolan monyet yang keluar dari dalam hutan untuk mencari bekas makanan.
 
Di tengah keceriaan, tampak beberapa orang sedang asik memotong kayu dan memaku untuk membuat pondok tempat berteduh, sebagian lainnya membakar sampah-sampah. 
Memang beberapa pekan ini, Hutan Wisata Dumai yang dulunya terbengkalai kembali bersih, sampah dari daun-daun pohon menutupi tanah, dipenuhi semak belukar, dan jalan menuju kawasan hutan dalam tertutup akibat putusnya jembatan, padahal lokasi ini dulunya sering menjadi lokasi outbond beberapa organisasi dan lembaga.
"Kami saat ini berkomitmen untuk menjadikan Hutan Wisata Dumai, menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di kota ini, mulai dari melakukan pembersihan, membangun tempat duduk, pondok untuk berteduh, rumah pondok, dll, agar wisatawan lokal maupun luar dapat berkunjung dengan nyaman di kawasan hutan lindung ini," kata Tengku Muhammad Rozali, mewakili rekan-rekannya.
Menurut pria yang akrab disapa Jali ini, di tengah mati surinya dunia pariwisata akibat pandemi, perlu ada upaya yang serius untuk kembali membangkitkan kembali keinginan masayarakat yang tertahan akibat pembatasan-pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah, agar kembali berkunjung ke lokasi-lokasi wisata favoritnya, "Dan kami melihat Hutan Wisata Dumai salah satu lokasi wisata yang strategis yang perlu dihidupkan kembali, apalagi mobilitas pengunjung dari luar semakin tinggi setelah dimulainya operasi Jalan Tol Pekanbaru Dumai (Tol Permai)," tuturnya.
Saat ini kata Jali, ia dan rekan-rekan di bawan naungan perusahaan Annaba, sedang menunggu legalitas dari lembaga terkait, BKSDA untuk menjadi pengelola, bahkan beberapa pejabat dari BKSDA Riau dan Dumai, sudah mengunjungi dan melihat hasil kerja serius yang telah mereka lakukan. "Kami sudah menyusun berbagai rencana untuk kemajuan Hutan Wisata Dumai, yang terpenting adalah menciptakan sesuatu yang baru di kawasan ini," tutupnya. (R1)

Loading...
BERITA LAINNYA
Rapat Pengawasan Terhadap PORA di Kota Dumai
Jumat, 19 Februari 2021 | 02:31
Pemerintah Kota Dumai Mengapresiasi Launching e-LKB
Jumat, 19 Februari 2021 | 02:31
H Jonli Hadiri Pelantikan Pengurus BPC HIPMI
Jumat, 12 Februari 2021 | 19:13
568 Nakes Kota Dumai Tidak Bisa Divaksinasi
Rabu, 10 Februari 2021 | 11:46
BERIKAN KOMENTAR
Top