CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Momentum Hari Lahir Pancasila, Gafatar Dumai Bersihkan Makam Pahlawan

10:18 PM

DUMAI, RIAUGREEN.COM - Tidak banyak orang yang mengingat tanggal 1 Juni merupakan Hari Lahirnya Pancasila, namun tidak bagi organisasi kemasyarakatan (Orkemas) Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara), Mereka memperingati hari kelahiran Pancasila dengan menggelar aksi membersihkan Taman Makam Pahlawan Damai Sentosa di Jalan Muhammad Hatta Dumai, Riau. Sabtu (1/06/13)

Dengan beranggotakan belasan anggota yang memakai seragam orange, dimulai dari sore hari sekitar pukul 15.00 Wib, mereka mulai menyisir sekitar taman dengan membersihkan rumput yang tumbuh liar disekitar makam, menyapu daun-daunan yang bertebaran dan mengumpulnya disuatu tempat, kemudian membakar sampah-sampah itu.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk menghargai pahlawan dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, begitulah yang disampaikan salah satu pengurus Gafatar Dumai kepada riaugreen.com.

"Aksi kita membersihkan taman pahlawan merupakan suatu bentuk penghargaan kita terhadap mereka, apa yang mereka lakukan untuk bangsa salah satunya mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dari Pancasila, dan ini patutlah kita apreasiasi" jelas Sukri.

"Gotong royong membersihkan taman mahkam pahlawan ini cuma sekelumit kecil dari penghargaaan kita sebagai penerus, tetapi yang paling besar adalah bagaimana kita mewariskan sikap patriotisme yang mereka miliki, yaitu mewujudkan kemerdekaan yang hakiki dimana terciptanya sistem damai sejahtera bagi bangsa Indonesia berlandaskan Pancasila, itulah yang harus kita perjuangkan sebagai anak bangsa" lanjut Pria yang sehari-hari akrab disapa Bung ini.

Aksi membersihkan taman pahlawan tersebut berakhir sekitar pukul 18.00 Wib, dijelaskan oleh Gafatar sebelumnya bahwa aksi yang mereka lakukan sudah mendapat izin dari Pemko setempat, pihak Pemko Dumai sendiri mengapresiasi kegiatan tersebut melalui Kabag Humas, Wazir. 

"Apapun bentuk kegiatan yang dilakukan Gafatar kami sangat mendukung, apalagi kegiatan tersebut berbau sosial dan kebaikan bagi masyarakat" jelas Wazir

Gafatar Dumai merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan yang berlandaskan kepada azas-azas Pancasila, bahkan Pemerintah Kota Dumai melalui Walikota Khairul Anwar pernah memberikan penghargaan khusus kepada Gafatar Dumai sebagai organisasi yang paling aktif peduli dibidang Lingkungan dan Kebersihan pada tahun 2012 lalu. (r1)


0 komentar:

Poskan Komentar

LINGKUNGAN

BISNIS & PASAR

NASIONAL

MIGAS


Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Anugerah Bina Perencanaan 2014

Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, Kunjungi Bengkalis

Sekda Bengkalis, H Burhanuddin Hadiri Acara Reuni Akbar SGB 197
Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

HUKRIM

POLITIK

SOSIAL

EKONOMI

OLAHRAGA

SENI BUDAYA

PEMERINTAHAN

 

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau