CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

WWF Rekam Jejak Ratusan Beruang Madu di Hutan Riau

9:43 PM

RIAUGREEN.COM - Organisasi Konservasi Lingkungan Global (WWF) berhasil merekam jejak ratusan beruang madu di berbagai kawasan hutan alam di Provinsi Riau, khususnya Riau bagian selatan.

"Sepanjang sepuluh tahun terakhir, atau sejak tahun 2005, kami berhasil merekam jejak keberadaan ratusan beruang madu di kawasan hutan alam Riau selatan," kata Humas WWF Wilayah Riau Syamsidar di Pekanbaru, Sabtu.

Kebanyakan, kata dia, beruang-beruang madu itu terdeteksi berkeliaran di Tessonilo Bukittigapuluh dan Rimbang Baling serta sejumlah kawasan hutan alam lainnya di Riau bagian selatan.

Sejauh ini, demikian Syamsidar, pihaknya memang belum mengetahui secara pasti berapa jumlah beruang madu yang menghuni kawasan hutan Riau selatan.

Karena, kata dia, WWF memang tidak fokus pada hewan yang memiliki daya jelajah berskala kecil seperti beruang dan tapir.

Menurut dia, di kawasan hutan Riau juga masih banyak terdapat tapir. "Karena manera pemantau yang kami pasang kerap merekam jejak-jejak tapir," katanya.

Khusus untuk beruang madu, menurut dia, di Riau masih cukup banyak dan terjaga kelestariannya mengingat daya jelajah hewan satu ini yang tidak terlalu panjang.

Secara otomatis, kata dia, dengan sisa hutan alam yang ada, beruang masih dapat hidup dan berkembang meski tidak begitu signifikan.

"Terjaganya habitat beruang madu di Riau juga dapat dilihat dengan masih cukup banyaknya hewan-hewan berdaya jelajah jauh seperti gajah dan harimau di Riau," katanya.

Sebelumnya pada pekan pertama Februari 2013, sempat dikabarkan seekor beruang madu terjebak jerat yang diperuntukkan bagi landak di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Kuala Cenaku, Indragiri Hulu, Riau.

Pemuka masyarakat di daerah itu mengatakan, beruang tersebut cukup besar dan diperkirakan induk beruang. Beruang tersebut terperangkap di kebun salah seorang warga.

Ketika itu, akibat terperangkapnya beruang tersebut, warga yang sebagian besar berprofesi sebagai petani tidak bisa beraktivitas karena ada seekor beruang lainnya yang menunggui beruang yang terkena jerat landak tersebut. Padahal awalnya, lanjut Tohbasir, warga ingin melepaskan beruang tersebut dari jerat itu. (ant)

0 komentar:

Poskan Komentar

LINGKUNGAN

BISNIS & PASAR

NASIONAL

MIGAS

Lenovo IdeaPad G460

Lenovo IdeaPad G460
Procie : Intel Core i-3 M350 2,27 GHz, RAM : 2GB DDR3 HDD : 500GB, VGA : Nvidia GeForce 310M 512MB, web cam 1.3 MP, Slot memory, VGA output. Harga Second: 2.000.000 Call. 085363315111/Wilayah Dumai

Samsung Galaxy S4

Samsung Galaxy S4
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors Ukuran 1080 x 1920 pixels, 5.0 inches (441 ppi pixel density)Multitouch, Corning Gorilla Glass 3. Second : 5.000.000/Nego. Call. 085363315111/Wilayah Dumai

Apple iPhone 5

Apple iPhone 5
iOS 6,upgradable to iOS 7.1, Chipset Apple A6, CPU Dual-core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based), GPU PowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics), Second : 6.000.000/Nego. Call. 085363315111/Wilayah Dumai
Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot

HUKRIM

POLITIK

SOSIAL

EKONOMI

OLAHRAGA

SENI BUDAYA

PEMERINTAHAN

 

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau